Tempat Wisata Menarik di Yogyakarta

Kota Yogyakarta.. Ya, kota yang terkenal mempunyai julukan Kota Gudeg atau juga bisa disebut sebagai Kota Pelajaran. Banyak orang yang berbicara bahwa Yogyakarta, Kota yang bikin kita ” Kangen”. Hal itu juga tertuang dalam sebuah lirik yang dinyanyikan oleh Kla Project yang berjudul ” Yogyakarta”. Didalam lirik tersebut terhadap kalimat ” ijinkan aku untuk selalu pulang lagi” . Sepenggal lirik tersebut menggambarkan bahwa setiap wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta selalu ingin kembali berlibur di Yogyakarta. Berbagai macam tempat- tempat wisata menarik di Yogyakarta merupakan daya tarik bagi wisatawan untuk kembali berkunjung disini. Dari keindahan pantai, pemandangan alam sampai budaya pun ada di Yogyakarta. Berikut salah satu obyek wisata yang sering dikunjungi di Yogyakarta.

• Pantai Parangtritis :
pantai-parangtritis Tempat Wisata Menarik di YogyakartaPantai Parangtritis adalah tempat wisata terbaik untuk menikmati sunset sambil having fun menaklukkan gundukan pasir dengan ATV (All-terrain Vechile) ataupun menyusuri pantai dengan bendi dalam senja yang romantis. Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pk 17.00 maupun kendaraan pribadi. Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta ini.

 

• Pantai Indrayanti
Yaa.. Siapa yang gak kenal dengan pantai Indrayanti. Pantai yang konon katanya persis dengan Pantai Kute yang ada di Pulau Bali. Pantai Indrayanti atau disebut juga Pantai Pulang Sawal, tidak diragukan lagi menjadi salah satu pantai terindah Jogja. Dengan hamparan pasir putihnya yang membentang dari timur ke barat, Pantai Indrayanti menyimpan pesona wisata luar biasa yang sayang untuk dilewatkan.
Selain bersih, fasilitasnya cukup lengkap dengan watersport, penginapan, dan gazebo dimana pegunjung bisa menikmati gala dinner.

pantai-parangtritis Tempat Wisata Menarik di Yogyakarta

Pantai ini terletak satu kawasan dengan Pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Jangan sembarangan buang sampah disini yaa, karena pengelola setempat sangat serius menjaga kebersihan pantai dengan memberlakukan denda bagi yang ketahuan buang sampah sembarangan. Kesimpulannya, jangan buang sampah sembarangan di obyek wisata manapun yaa

Kemudian setelah menikmati wisata Pantai di Yogyakarta kita bisa menikmati wisata selanjutnya.

• Goa Pindul
Gua Pindul adalah obyek wisata yang terletak di dalam Gua di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Gua Pindul dikenal karena cara menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai dibawah tanah di dalam gua, kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing. Aliran sungai bawah tanah dimulai dari mulut gua sampai bagian akhir gua, di dalam gua terdapat bagian sempit yang hanya bisa dilewati satu ban pelampung, sehingga biasanya wisatawan akan bergantian satu per satu untuk melewati bagian ini.Panjang gua Pindul adalah 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter.Penelusuran gua Pindul memakan waktu kurang lebih selama satu jam yang berakhir pada sebuah dam. Aliran sungai yang berada di dalam Gua Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh. Obyek wisata Gua Pindul diresmikan pada 10 Oktober 2010.

• Lava Tour Merapi
Pasca erupsi yang terjadi pada tahun 2006 silam, gunung Merapi khususnya kawasan Cangkringan Sleman Yogyakarta dimana mbah Maridjan pernah tinggal, kini menjadi salah satu titik tempat wisata yang paling diminati oleh para wisatawan yang ingin menapak tilas sisa-sisa dahsyatnya letusan gunung Merapi. Setidaknya ada empat titik yang wajib Anda kunjungi jika Anda ingin menapak tilas keganasan gunung api Merapi.Pertama adalah museum gunung merapi. Di tempat tersebut Anda bisa menyaksikan sebuah rumah yang hancur dan hanya tinggal puing-puing akibat terkena erupsi Merapi pada tahun 2010. Selain itu, terdapat beberapa properti seperti foto sebelum dan sesudah erupsi, sepeda motor, furnitur dan peralatan rumah tangga lain yang sudah meleleh.

Kedua, Ada yang pernah mendengar Kaliadem??? Kaliadem adalah sebuah lokasi wisata yang memungkinkan Anda untuk melihat keindahan Gunung Merapi dan jejak ganasnya letusan gunung merapi pada tahun 2006 lalu.
Kaliadem terletak di desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, ± 25 – 30 km utara Kota Yogyakarta. Kawasan ini dikenal dengan udaranya yang sejuk dan memiliki banyak keindahan dan keunikan alam.

Ketiga, Bunker yang dijadikan sebagai tempat untuk berlindung jika terjadi erupsi. Di tempat ini Anda bisa langsung masuk ke dalam bunker dan menyaksikannya secara langsung bagaimana kondisi bunker yang dahulu pernah dijadikan tempat untuk berlindung dari erupsi pada tahun 2010 dan menewaskan dua orang di dalamnya.

Keempat, Lokasi bekas rumah juru kunci Gunung Merapi, almarhum Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi perhatian wisatawan yang berkunjung pascaerupsi Merapi.

Setiap hari wisatawan yang mengunjungi Dusun Kinahrejo cukup banyak, terutama pada setiap akhir pekan. Memang yang dituju pertama kali saat wisatawan tiba di Dusun Kinahrejo adalah lokasi bekas rumah almarhum Mbah Marijan.
Setelah puas dengan wisata-wisata pantai dan keindahan alam. Julukan kota budaya memang pantas di sematkan di kota Jogja. Meski jaman berkembang pesat , moderisasi dan globalisasi merambah pelosok-pelosok daerah tapi masyarakat Jogja masih kukuh mempertahankan adat dan budaya . Kota Jogja masih memiliki beberapa situs budaya yang masih menjadikan daya tarik wisatawan.

• Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta terletak di tengah pusat kota Yogyakarta. Keraton ini dulunya didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I di tahun 1755. Sebagian kompleks Keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, seperti replika pusaka keraton dan berbagai macam gamelan. Diantaranya adalah Museum Kereta Keraton Yogyakarta, Museum Kraton Yogyakarta dan Museum Batik. Pada waktu tertentu juga dapat menyaksikan kegiatan yang dilangsungkan secara berkala oleh keraton seperti Sekaten dan Grebeg.

• Taman Sari
Masih berada dalam komplek keraton ada satu tempat lain yang juga ramai dikunjungi wisatawan. Tempat tersebut bernama Istana Air Taman Sari. Taman sari merupakan taman istana atau pesanggrahan letaknya kira-kira 0,5 km sebelah selatan keraton. Ditempat ini sultan dan keluarga beristirahat atau melakukan semedi. Taman sari menarik untuk dikunjungi, Disini kita akan merasakan nuansa berbeda. Meski berada di dalam areal keraton bentuk dan arsitektur tidak sama dengan bangunan keraton. Ciri khas bangunan bangunan Jawa tidak terlihat disini. Ini memang di karenakan bangunan taman sari tidak bercorak jawa asli melainkan campuran dengan gaya portugis. Sewaktu mendirikan komplek Taman Sari Hameng Kubuono I dibantu arsitek berkebangsaan portugis. Seperti namanya “Taman Sari” tempat ini berupa taman yang banyak ditumbuhi pepohonan dan bunga.

Nah..itulah beberapa obyek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Sebenarnya masih banyak lagi obyek- obyek menarik di kota Jogja. Antara lain kita bisa melihat keindahan arsitektur yang dulu pernah menjadi salah satu keajaiban dunia yaitu Candi Borobudur, kemudian ada Candi Prambanan yang tidak kalah menariknya untuk dkunjungi. Malioboro, Tugu Yogyakarta serta kuliner- kuliner disini pun tidak luput dari salah satu tempat yang wajib kita kunjungi ketika kita berada di Kota Jogja. Bagaimana? Anda tertarik berkunjung ke kota Yogyakarta. Segera rencanakan liburan anda bersama keluarga, kerabat maupun kekasih anda. Bila anda membutuhkan alat transportasi seperti Big Bus atau Medium Bus, kami PO. Ardhiantransport siap membantu anda, untuk mengantarkan anda menikmati indahnya kota Yogyakarta. Dengan pelayanan yang prima serta crew-crew kami yang berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *