Murah Mana Antara Traveloka dan Agoda?

Diantara kamu pastinya ada orang-orang traveler yang punya gaya spontan, dia lagi pingin pergi main cukup ambil dompet, HP dan jaket terus main atau sudah punya rencana pergi ke satu tempat wisata di luar kota tanpa milih penginapan langsung berangkat pas udah sampai di tempat tujuan langsung pergi main ngunjungi tempat-tempat wisata setelah dirasa udah malem dan capek baru milih penginapan. Ada orang kayak gitu? ada dong, walau dirasa tidak punya persiapan namun tipe orang ini menikmati hal-hal semacam ini walau kadang terpaksa dia menginap di tempat yang lebih mahal karena kehabisan kamar.

Namun bagi kamu orang yang suka merencakan segala sesuatu lebih dulu baru tenteng tas pergi main , tentu kamu akan memilih tempat penginapan dahulu lalu menata rute jalan-jalan kamu, nah kalau kamu baru mau mengunjungi tempat baru dan belum kenal rute disana + kamu juga engak tahu tempat menginap yang cocok buat kamu pastinya kamu mengunakan bantuan aplikasi reservasi seperti booking, agoda, traveloka, pegipegi atau lainya. Berhubung admin pernah mengunakan agoda dan traveloka so admin mau sedikit review tentang 2 aplikasi reservasi ini.

Mereka Sama tapi Tidak Kembar Identik

Kalau di bilang user friendly , kedua aplikasi ini sama-sama user friendly dan setiap orang punya selera masing-masing dalam menikmati tampilan aplikasi, seperti aplikasi bukalapak dan tokopedia, notabene dua aplikasi marketplace seperti tokopedia dan bukalapak kebanyakan penjual-penjualnya adalah orang yang sama dan harganya juga sama, seperti kamu cari sepatu converse penjual di tokopedia dan bukalapak kebanyakan penjual yang sama harganya juga sama tapi selera mata seseorang kan beda-beda ada yang mengangap bukalapak lebih gampang klik ini dan itu, tapi ada juga yang merasa lebih enak dan gampang tokopedia. Begitupun traveloka dan agoda dari segi tampilan pada daasrnya user friendly cuma tingal selera.

images Murah Mana Antara Traveloka dan Agoda?

Tapi ada beberapa hal yang bisa di katakan sangat bersaing pada dua aplikasi reservasi ini, seperti harga, varian produk dan lainya. Berikut ulasan dari saya

Varian Produk

Sebenernya terlalu jahat kalau kita bilang proudk lengkap dan tidak lengkap karena setiap perusahaan punya fokus market sendiri, seperti pada Agoda aplikasi ini lebih fokus pada fasilitas perjalanan dari tiket pesawat, penginapan, transportasi bandara dan aktivitas liburan seperti tiket masuk ke van gogh museum. Lalu untuk traveloka sendiri saya melihatnya mereka lebih fokus pada operasional perjalanan, untuk fasilitas perjalanan mirip sama agoda dari tiket pesawat,transportasi, penginapan dan aktivitas liburan namun di traveloka ada beberapa fitur yang menunjang operasional perjalanan seperti isi pulsa, pembayaran tagihan seperti listrik , bioskop , internet luar negeri dan sebagainya. Jadi kamu kalau pakai traveloka pas jalan-alan keluar negeri kamu tetep bisa bayar tagihan listrik di rumah dan juga ada menu pesan tiket pesawat + sama hotel , kalau di agoda pesen tiket pesawat sendiri pesan hotel juga sendir. Woh kalau begitu traveloka lebih lengkap dari pada agoda dong? Jawabanya belum tentu, karena setelah admin jalan-jalan terus memanfaatkan dua aplikasi ini ternyata katalog penginapan dari traveloka tidak terlalu lengkap ada beberapa penginapan yang harganya murah, fasitiltas bagus tidak tergabung di katalog traveloka sedangkan agoda punya lebih banyak referensi penginapan. Tapi bisa di maklumi karena branding mereka memang berbeda, coba ingat-ingat lagi iklan mereka, traveloka menonjolkan iklan tiket pesawat dan perjalanan ke tempat wisata, sedangkan agoda lebih menonjolkan banyaknya varian penginapan di katalog mereka.

Harga

Lebih murah mana antara traveloka dan agoda, mimin beberapa kali nyoba dua aplikasi ini , untuk harga pesawat rata-rata aplikasi reservasi manapun punya harga yang relatif sama, mungkin ada aturan pemberian harga. Namun ada perbedaan di harga penginapan , di agoda kamu akan di sajikan informasi harga yang lebih murah dari aplikasi manapun, namun sayangnya harga tersebut belum termasuk ppn, kamu baru bisa tahu harga yang harus kamu bayarkan setelah klik tombol pesan sebelum menu pembayaran kamu akan di perlihatkan total harga. Untuk traveloka sendiri harga yang di tampilkan terlihat lebih mahal dari agoda namun ketika kamu klik tombol pemesanan harga tersebut tidak berubah , bisa di bilang harga yang di tampilkan traveloka sudah harga include ppn. Lalu harganya murah mana traveloka atau agoda, terus terang ada beberapa penginapan yang harganya sama dan ada yang harganya berbeda nah bedanya kadang cuma Rp.3000 sampai Rp.35.0000. Tapi saya pribadi merasa traveloka lebih murah namun traveloka tidak terlalu banyak pilihan penginapanya seperti agoda.

Proses Pembayaran

Hal yang wajib di lakukan oleh kita tapi kadang proses pembayaran ini jadi bikin kita mengurungkan niat. Alasan ribet dan susa adalah hal yang sering kita jadikan patokan lanjut atau berhenti lalu ganti aplikasi lain. Dibandingkan agoda , tentu traveloka lebih banyak pilihan metode pembayaran, bisa indomaret, atm, internet banking, kartu kredit dan lainya. Tapi satu masalahnya, misalkan kamu lagi begadang nih terus kepikiran mau pindah hotel atau mau pesen tiket pesawat, kamu akan kesulitan melakukan pembayaran ketika sudah lebih dari jam 21:00 WIB, karena sistem pembayaran internet banking traveloka cuma beroperasi sampai jam 21:00, kamu harus mengalah buat datang ke mesin atm atau indomaret/alfamart buat bayar invoice traveloka atau kamu harus bayar dengan kartu kredit. Berbeda dengan agoda, sebenernya agoda engak banyak pilihan metode pembayaranya kamu cuma bisa bayar agoda pakai paypal, Visa atau mastercard. nah enaknya adalah kartu debit bank mandiri itu punya logo Visa dan kamu bisa bayar tagihan invoice agoda pakai kartu debit nya bank mandiri yang berlogo visa. kamu bisa bayar jam berapapun di dalam kamar. Kalau bank lain yang berlogo visa saya kurang tahu bisa tidak , cuma setahu saya ada beberapa bank di indonesia yang ada logo visa di kartunya tetep tidak bisa melakukan pembayaran.

Nah kamu udah baca-baca nih sedikit review aplikasi reservasi agoda dan traveloka, bagus mana itu tergantung kebutuhan kita dan nyamanya dimana, kalau kamu memang sudah terbiasa mengunakan credit card dan paypal tentu agoda jauh lebih menarik dari traveloka, tapi kalau kamu dekat dengan indomaret/alfamart 24jam + kamu suka jalan-jalan sepaket sama operasionalya tentu traveloka terlihat lebih menarik. Silahkan coba aplikasi reservasi lainya biar punya banyak pengalaman dalam perjalanan wisata kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *