Bedanya Tapai dengan Peyeum Khas Jawa Barat

Saat kamu berjalan-jalan ke jawa barat atau lebih sering destinasi wisata itu ke bandung kamu pastinya cari oleh-oleh yang khas banget dari bandung, hal paling sering di jadikan oleh-oleh bandung terlebih buat wisatawan baru itu biasanya kaos yang ada tulisan dan nuansa budaya jawa barat, gantungan kunci, hiasa kujang dan untuk kuliner biasanya dodol garut, peyeum dan banyak jajanan khas lainya.

Ngomong-ngomong tentang peyeum nih, saya keinget dengan komenan beberapa emak-emak dan temen-temen saya pas nyobain peyeum. Buat wisatawan yang bener-bener baru keluar kandang dan main ke bandung biasanya beli oleh-oleh yang khas, nah di oleh-oleh peyeum beberapa memandang remeh oleh-oleh peyeum ini karena ternyata peyeum ini adalah makanan tapai/tape yang sudah biasa di jumpai di daerahnya sendiri terlebih wisatawan pulau jawa. Tentu bener sekali kalau tapai ini makanan yang biasa di temui di daerah-daerah pulau jawa dan peyeum itu sebenernya juga tapai cuma beda nama penyebutanya saja, nah hal ini kerap sekali jadi alasan wisatawan mengurungkan niat buat beli oleh-oleh peyeum. Dan menariknya lagi adalah tidak sedikit wisatawan yang menilai makanan peyeum ini salah cara membuatnya bahkan dulu saya pernah denger kalau sebenarnya peyeum itu berasal dari tapai yang gagal di olah mirip sejarahnya chocochip dimana seseorang ibu rumah tangga ingin membuat kue cokelat namun karena salah adonan dan terlalu lama waktu peng-ovenan walaupun chocochip di katakan masakan kue yang gagal namun ada perusahaan besar yang meliriknya dan mendatangi ibu rumah tangga tersebut diminta resepnya dan di beli resep masakanya dan jadilah chocochip yang kita nikmati saat ini seperti chocochip merek Good Time yang di jual banyak di indomaret atau toko toko kelinting.

peyeum_bandung_sewa_bus_murah Bedanya Tapai dengan Peyeum Khas Jawa Barat

Nah benarkah peyeum juga sebuah produk gagal seperti chocochipnya good time ? Jawabanya tidak, beberapa orang mengatakan peyeum seperti produk gagal tapai atau cara masaknya yang salah namun pada kenyataanya bukan itu semua. Pada dasarnya tapai itu terbagi jadi dua tapai ketan dan tapai singkong, walaupun cuma terlihat dua jenis tapai dimasyarakat tapai saja di kenal 3 tapai : tapai ketan putih, tapai ketan hitam dan tapai singkong, lalu pada cara pemasakanya walaupun sama-sama tapai dalam memasaknya ada dua cara yang pertama tapai yang dimasak basah dengan cita rasa yang manis sekali dan tekstur lunak basah dan yang kedua adalah tapai kering dimana tapai kering ini biasanya di implementasikan hanya di tapai singkong saja, berbeda dengan tapai basah yang manis dan lunak, tapai kering memang lebih legit dan tidak terlalu lunak namun tahan lama serta teksturnya tidak mudah rusak. Karena tujuan dari tapai kering ini memang di tujukan untuk jajanan yang lebih awet tahan lama dan tidak rusak teksturnya ketika di bawa berpergian, keuntungan ini yang membuat peyeum(tapai kering) di jawa barat bisa di gantung di tempat jualan oleh-oleh dan mampu bertahan cukup lama ketika di bawa pulang kedaerah asal sepulang liburan dari bandung/jawa barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *