Bedanya Ludruk, Wayang Orang dan Ketoprak

Generasi tahun 90-an masih ingat jaman dulu ada acara televisi yang menampilkan pertunjukan kesenian jawa berupa sandiwara di atas pangung dengan di iringi gendhing-gendhing jawa ( alunan musik jawa). Yaa acaranya ada di chanel TV RCTI dan SCTV, kalau di RCTI itu nama acara nya “Ketoprak Humor” dengan personil yang sebagian besar dari para personil grup lawak Srimulat. Lalu di SCTV nama acaranya “Ludruk Glamor”. Walau di RCTI dulu itu acaranya ketoprak humor namun tidak jarang ketoprak humor menampilkan beberapa settingan yang menyerupai kesenian wayang orang, lalu apa bedanya antarak ludruk, wayang orang ataupun ketoprak?

3 Seni Sandiwara dan Drama Pulau Jawa

Walau sama-sama 3 kesenian itu adalah sebuah seni pertunjukan yang di sajikan dengan banyak orang pemain yang setiap orangnya menjadi karakter-karakter tertentu seperti berperan sebagai ayah, ibu, anak, penjahat ataupun karakter-karakter lainya,ada perbedaan yang sangat mendasar dari 3 keseniann ini dan berikut perbedaan dari 3 kesenian ini :

Ludruk

ludruk_ardhian_transport_sewa_bus_murah_jogja Bedanya Ludruk, Wayang Orang dan Ketoprak

Kesenian ini berasal dari jawa timur dan ciri khas dari kesenian ini adalah membawakan sebuah pertunjukan drama yang mengangkat seputar kehidupan sehari-hari rakyat jelata atau kehidupan masyarakat dengan beragam polemik dan dilemanya, di sajikan dengan bumbu-bumbu humor serta dengan bahasa-bahasa ringan yang sering di gunakan dalam keseharian kehidupan masyarakat sehingga cerita dalam ludruk ini mudah di mengerti dan di nikmati oleh berbagai kalangan masyarakat lapis bawah, tenggah maupun lapis atas karena semua lapisan pernah mengalami atau menemui polemik dan dilema yang sama. Dimain kan secara group dengan diiringi alunan musik jawa (gamelan), pada kesenian aslinya ludruk selalu di bukan dengan tarian remo namun di acara-acara telvisi tarian remo tidak di siarkan, entah ditampilkan di studio namun tidak di siarkan di televisi ataua memang tarian ini sama sekali di hilangkan saat pertunjukan ludruk di SCTV.

Wayang Orang

ludruk_ardhian_transport_sewa_bus_murah_jogja Bedanya Ludruk, Wayang Orang dan Ketoprak

Seni pertunjukan wayang yang di perankan oleh orang-orang dengan pakaian jawa kolosal dan di iringi gamelan seperti pertunjukan wayang kulit, bisa di katakan wayang orang ini adalah penampilan wayang kulit yang di perankan oleh orang-orang asli, kalau kamu penyuka manga dan anime jepang kamu pasti tahu namanya life action dimana karakter-karakter kartun pada manga dan anime jepang di visualisasikan oleh orang yang berdandan dan berakting sebagai karakter-karakter di mangan atau anime itu, nah wayang orang juga bisa dikatakan life action dari wayang kulit. Pada wayang orang ini alur-alur ceritanya mengangkat tema ramayana maupun mahabarata maka dari itu tidak jarang kita lihat lakon(tokoh)hanoman, rama, shinta ataupun pandawa. Wayang orang sendiri di buat oleh Sultan hamengku buwono Pertama pada tahu 1731 dengan membawakan alur cerita ramayana dan mahabarata yang didalam cerita tersebut mengandung pesan-pesan moral dan nilai-nilai kehidupan serta semangat yang disampaikan para lakon untuk para penonton.

Ketoprak

ludruk_ardhian_transport_sewa_bus_murah_jogja Bedanya Ludruk, Wayang Orang dan Ketoprak

Yaa Ketoprak disini bukan sebuah makanan yang biasa kamu nikmati di kantin, warung ataupun trotoar ini hanya kebetulan saja namanya sama-sama ketoprak. Untuk kesenian ketoprak ini di perkirakan berasal dari surakata dan berkembang di yogyakarta kala itu dan dalam beberapa referensi seni ketoprak ini di kenal dengan nama ketoprak mataram (kerajaan mataram). Mirip dengan wayang orang alur cerita dan tema seni ketoprak juga mengangkat cerita-cerita ramayana dan mahabarata namun pada ketoprak bukan hanya dua tema itu saja yang di ambil namun juga ketoprak mengangkat kehidupan sehari-hari masyarakat di kemas dalam cerita fiksi yang tidak jarang memunculkan tokoh-tokoh ramayana, mahabarata, kolonial belanda, kolonial inggris, kolonial jepang dan cerita-cerita ini tidak sedikit hanyalah fiksi namun dalam pertunjukanya di sajikan dengan humor-humor masyarakat serta di iringi pula dengan gamelan. Nah hal paling mencolok membedakan ketoprak dengan wayang orang selain cerita ialah pakaian yang di kenakan oleh lakon ketoprak berbeda dengan pakaian wayang orang, jika wayang orang mengunakan busana kolosal jawa, pada ketoprak para pemain mengenakan busana yang campuran meyesuaikan cerita yang sedang di bawakan namun pakaian yang dikenakan lebih banyak pakaian tradisional, jadi tidak sama dengan ludruk yang pemeranya bisa mengenakan celana jeans, jaket ataupun kaos polo, berlainan dengan ludruk pemain ketoprak mengenakan busana-busana tradisional, busana kolonial era tempo dulu dan kadang kala mencampurnya dengan pakaian kolosal jawa yang komposisinya tidak terlalu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *